Rumah minimalis modern adalah salah satu pilihan tepat bagi siapa saja yang menginginkan rumah megah dan sesuai dengan perkembangan jaman. Karena pada dasarnya semua orang ingin memiliki rumah pribadi untuk dihuni bersama keluarganya. Namun di jaman yang serba berkembang dengan cepat ini, mencari lahan luas terutama untuk area perkotaan, merupakan hal yang susah. Padatnya penduduk dan perkembangan pembangunan menjadi salah satu faktornya. Oleh karena itu, rumah minimalis menjadi banyak diminati dengan mengusung konsep lahan yang tidak terlalu luas, namun terlihat mewah.

rumah minimalis modern
Sumber: Pinterest.com

Tak hanya di perkotaan, konsep rumah minimalis modern juga banyak diterapkan di daerah pedesaan, pesisir dan pegunungan. Karena desain rumah bisa disesuaikan dengan kriteria, kebutuhan dan ciri khasnya masing-masing. Meski terlihat sederhana, namun keunggulan tersebut ternyata tidak bisa disepelekan.

Tiap rumah dengan modelnya masing-masing memerlukan perhatian yang berbeda-beda. Misalnya agar rumah lebih kokoh, untuk membangun rumah minimalis dengan 2 lantai diperlukan pondasi yang lebih kuat untuk menopang dibanding rumah minimalis 1 lantai. Pilihan untuk membangun model rumah pun sepatutnya disesuaikan berdasarkan kebutuhan.

Agar terkesan berbeda dan tidak monoton, pemilihan bahan material yang ingin digunakan pun bisa disesuaikan tergantung dari keinginan. Meski lebih mahal dibanding bahan material bata, kayu juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan material rumah minimalis modern yang unik dan elegan. Selain terkesan klasik dan natural, keunggulan dari rumah dengan bahan material kayu biasanya proses pembuatannya juga lebih cepat.

Pemilihan cat warna juga mampu menghasilkan efek yang berbeda pada sebuah rumah. Permainan warna kontras atau penambahan akses khusus akan membuat rumah terlihat tidak monoton dan khas.

Di Indonesia sendiri, rumah minimalis yang paling banyak diminati adalah rumah minimalis 1 lantai, rumah minimalis tipe 36 serta rumah minimalis tipe 45. Untuk memiliki rumah minimalis pun saat ini sudah bukan hal yang sulit. Anda bisa memanfaatkan program pembiayaan rumah seperti KPR (Kredit Perumahan Rakyat) yang banyak ditawarkan. Jadi mempunyai rumah pribadi idaman sudah bukan lagi hanya sekedar impian.

Leave a comment